Selasa, 05 Juli 2011

Sungaiku Riwayatmu Kini

KATA PENGANTAR

Syukur alhamdulillah berkat rahmat Allah swt., karya tulis ini yang berjudul ‘’Sungaiku Riwayatmu Kini’’ telah penyusun selesaikan pada waktunya.
Karya tulis ini membahas tentang cara kita untuk menjaga sungai di lingkungan sekitar , karena betapa bermanfaatnya sungai untuk kehidupan sehari hari.
Dalam penyusunan makalah ini peulis mendapat berbagai arahan, bantuan dan bimbingan dari berbagai phak. Maka dalam kesempatan ini penulis ingin meyampaikan ucapan terima kasih kepada:
1. Kedua orang tua tercinta atas dukungan dan kasih sayangnya.
2. Bapak kepala SMPNegeri 1 Singaparna, guru serta teman-eman tercinta.
Dan tentu saja dalam memaparkan hasil karya tulis ini, penyusun tidak luput dari khilaf dan kesalahan, juga banyak kekurangannya. Tetapi penyusun telah berusaha semaksimal mungkin untuk bisa menjadikan karya tulis ini bermanfaat dan memadai. Akan tetapi kemampuan penyusun sangatlah terbatas, mungkin ini yang bisa penyusun sajikan.
Harapan penyusun semoga karya tulis yang sangat sederhana ini dapat bermanfaat. Kepada semua pihak yang telah membantu penyusun baik secara langsung maupun tidak langsung, penyusun ucapkan terimakasih banyak.

Tasikmalaya , Agustus 2010


Penyusun



BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang Masalah
Sebagai negara yang memiliki banyak hutan tropis, Indonesia memiliki kandungan air yang melimpah. Air merupakan salah satu sumberdaya alam yang sangat penting bagi kehidupan manusia, baik untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari maupun untuk kepentingan lainnya seperti pertanian dan indutri. Oleh karena itu keberadaan air dalam masyarakat perlu dipelihara dan dilestarikan bagi kelangsungan kehidupan. Air tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan, tanpa air tidak mungkin ada kehidupan. Kita semua mengetahui betul pentingnya air sebagai sumber kehidupan, tetapi tidak semua orang berpikir dan bertindak secara bijak dalam menggunakan air dengan segala permasalahan yang mengitarinya. Ironisnya, suatu kelompok masyarakat begitu sulit mendapatkan air bersih, sedangkan segelintir kelompok masyarakat lainnya dengan mudahnya menghambur-hamburkan air.
Kebutuhan akan pentingnya air tidak diimbangi dengan kesadaran untuk melestarikan air, sehingga banyak sumber air yang tercemar oleh perbuatan manusia itu sendiri. Sebagai contoh beberapa sungai yang berada di kota dan Kabupaten Tasikmaaya, airnya keruh kehitaman dan mengeluarkan bau tidak sedap. Hal ini terjadi karena masyarakat yang tinggal di seputar sungai umumnya membuang sampah rumahan, dan membuang air limbah wc ke sungai-sungai. Perbuatan yang tidak bertanggung jawaban ini membuat air sungai menjadi kotor, dan mengeluarkan bau tidak sedap, apalagi di musim kemarau. Kebisaan membuang sampah ke sungai juga akan membuat sungai dangkal sehingga aliran sungai menjadi mampet dan akhirnya timbul banjir di musim penghujan. Belum lagi pabrik-pabrik dan perkantoran yang membuang limbahnya ke sungai, sehingga mengakibatkan rusaknya biota sungai, karena air tercemar oleh bahan-bahan berbahaya.. Oleh karena itu, diperlukan pengolahan air yang telah tercemar hingga layak digunakan untuk aktivitas sehari-hari.
Berbeda dengan beberapa puluh tahun yang lalu, sungai-sungai biasa digunakan untuk minum, mandi, dan keperluan sehari-hari. Di samping itu, juga dapat digunakan untuk memancing karena banyak ikannya. Tapi itu keadaan dulu, berbeda dengan saat ini. Keadaan sungai di Jawa Barat, khususnya di Tasikmalaya rata-rata telah tercemar. Pencemaran terhadap sungai terjadi karena banyak faktor, salah satunya kebiasaan manusia, yaitu membuang sampah ke sungai. Ciri-ciri air tercemar dapat dilihat dari warna,rasa,dan bau air. Kondisi air yang bersih, tidak akan ada warna, sehingga tampak bening.
Di samping itu faktor pertumbahan penduduk, sangat berpengaruh terhadap lingkungan. Semakin padat penduduk semakin membuat aliran sungai menyempit. Karena lahan-lahan digunakan tempat tinggal. Selain itu penebangan pohon di sekitar sungai terjadi untuk bahan bangunan juga kayu bakar. Padahal semakin banyak penduduk semakin banyak jumlah air dibutuhkan.juga kebutuhan air
Berdasarkan uraian di atas, betapa pentingnya kita untuk menjaga sungai di daerah kita, khususnya daerah Jawa Barat. Untuk itu penulis mencoba untuk menuangkan dalam sebuah karya tulis ini yang berjudul ‘’Sungaiku riwayatmu kini’’.

B.IDENTIFIKASI MASALAH
Kondisi air yang kotor dan bau di musim kemarau, serta mengakibatkan banjir dimusim hujan selalu menjadi permasalahan yang belum selesai dari tahun ke tahun. Karena itu, dalam makalah ini saya mencoba mengangkat permasalahan seputar sungai khususnya yang melalui perkotaan untuk dicarikan solusinya. Permasalahan tersebut pada dasarkan berkaitan dengan permasalahn sebagai berikut:
1. Bagaimanakah kondisi air sungai yang berada di Kota Tasikmalaya?
2. Bagaimanakah kondisi aliran sungai yang mengalir di kota Tasikmalaya?
3. Bagaimana upaya yang harus dilkukan dalam rangka penghematan air?




BAB II
PEMBAHASAN
1.PENGERTIAN AIR
Air adalah sebuah benda cair yang harus dilestarikan. Kehidupan manusia tidak lepas dari kata air. Air adalah kebutuhan pokok manusia yang datangnya dari alam, yang tidak terbatas. Oleh karena itu jangan sampai di dunia kekurangan air atau kelebihan air. Kelebihan air disini adalah pada saat musim hujan, dimana curaah hujan biasanya tinggia sehingga air sugai sangat banyak dan meluap ke daratan, inilah sering kita sebut dengan banjir. Air merupakan bahan kebutuhan primer dalam kehidupan manusia, hewan, maupun tumbuhan. Seluruh proses metabolisme dalam tubuh makhluk hidup berlangsung dalam media (pelarut air). Dalam kehidupan sehari-hari air banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Air yang terdapat di alam tidak ada yang betul-betul murni selalu ada zat-zat yang terlarut maupun tidak terlarut di dalamnya. Selain mengandung zat-zat tertentu, di dalam air pun sering terlarut gas-gas yang ada di udara (seperti ogsigen, karbon dioksida, dan lain-lain). Air juga mampu melarutkan garam-garam alkali, garam transisi, dan beberapa senyawa karbon yang ada di tanah sehingga air merupakan pelarut yang baik (pelarut universal).

2.MANFAAT AIR
Seluruh makhluk hidup yang ada di bumi pasti menbutuhkan air. Air bisa dikatakan sebagai sumber kehidupan. Banyak manfaat yang diberikan air untuk makhluk hidup. Di sini akan dijelaskan fungsi-fungsi penting air dalam kehidupan.
Air Bekerja Dengan Ajaib
Bila anda minum banyak air bersih dan jernih, maka hal tersebut akan memacu peningkatan kesehatan anda, di mana para peneliti menemukan bahwa, makin hari makin banyak keuntungan dengan minum air dalam jumlah yang cukup bagi kesehatan, termasuk:
Pencernaan dan metabolisme yang lebih baik
Minum air dalam jumlah yang cukup menjadikan baik pencernaan maupun metabolisme dapat bekerja pada kapasitas maksimalnya. Faktanya, penelitian terbaru dari University of Utah menyatakan bahwa kekurangan air dapat menyebabkan menurunnya metabolisme.
Memperbaiki kemampuan dan daya tahan tubuh
Anda akan mampu bekerja lebih keras/berat bila mendapatkan air yang cukup. Sebagai tambahan, air dapat memperkuat daya tahan tubuh Anda. Karena air dapat menaikkan simpanan glycogen, suatu bentuk dari karbohidrat yang tersimpan dalam otot dan digunakan sebagai energi saat Anda bekerja.
Tahan lapar
Rasa lapar kadang merupakan penyamaran dari rasa haus. Sewaktu anda mengalami dehidrasi (kekurangan air) Anda mungkin merasa ingin makan padahal yang Anda butuhkan sebenarnya adalah air. Anda juga dapat memanfaatkan efek rasa kenyang dari minum air untuk
mencegah makan berlebihan.
Mengurangi resiko terhadap beberapa macam penyakit
Para peneliti saat ini meyakini bahwa cairan atau tepatnya air dapat berperan aktif dalam mengurangi resiko terhadap beberapa penyakit seperti: batu ginjal, kanker saluran kencing, kanker kandung kemih, dan kanker usus besar (colon). Minum cukup air dapat pula menghindari sembelit.
Senjata ampuh melawan masuk angin atau pilek
Antibodi dalam lendir yang melapisi kerongkongan berfungsi untuk menjerat virus pilek. Daya tahan ini akan melemah apabila Anda dehidrasi (kekurangan air) karena akan menyebabkan lendir mengering. Sebagai catatan banyak ahli kesehatan merekomendasikan air sebagai ekspektoran yang efektif untuk mengurangi batuk.
Pelembab wajah paling ampuh
Dengan minum banyak air membantu kulit Anda tetap kenyal dan kencang serta mengurangi garis-garis dan kerut pada wajah.
Menangkal rasa letih akibat melakukan perjalanan
Udara panas dapat menyebabkan Anda dehidrasi dan akan menimbulkan rasa letih pada saat dan setelah perjalanan. Minumlah banyak air sebelum melakukan perjalanan dan satu gelas tiap jam perjalanan Anda.
Mengatasi migrain/sakit kepala
Para peneliti menyatakan bahwa dehidrasi dapat mengakibatkan migrain/sakit kepala, jadi bila Anda sering mengalami migrain adalah sangat penting untuk minum air dalam jumlah yang cukup.
Sedangkan Fungsi Air yang utama adalah :
1. Membentuk sel-sel baru, memelihara dan mengganti sel-sel yang rusa
2. Melarutkan dan membawa nutrisi-nutrisi, oksigen dan hormon ke seluruh sel tubuh yang membutuhkan
3. Melarutkan dan mengeluarkan sampah-sampah dan racun dari dalam tubuh kita
4. Katalisator dalam metabolisme tubuh
5. Pelumas bagi sendi-sendi
6. Menstabilkan suhu tubuh
7. Meredam benturan bagi organ vital
Dengan menggunakan air secukupnya khususnya minum, tubuh kita akan selalu segar dan kesehatan tetap terjaga



3.PENCEMARAN AIR
Pencemaran air terjadi sejak lama dan telah kita ketahui bersama baik di laut,sungai, maupun parit di depan rumah kita. Air yang berwarna kecoklatan bahkan hitam sudah menjadi pemandangan biasa yang kita lihat sehari-hari.
Pencemaran air disebabkan oleh aktivitas manusia sehari hari yang dapat menyebabkan perubahan kualitas air tersebut. Pencemaran air ini terjadi di sungai,lautan danau, dan air bawah tanah.
Salah satu penyebab terjadinya pencemaran adalah kurang kesadaran manusia yang selalu membuang sampah ke sungai. Padahal banyak kerugian bila air sungai telah tercemar seperti bila hujan besar turun air sungai akan meluap ke permukaan sehingga menggenangi rumah di sekitar wilayar sungai.
Contohnya Sungai Cimulu yang berada di daerah perkotaan tasikmalaya. Dulu, kualitas airnya sangat tidak baik banyak orang daerah sana yang terkena penyakit. Sehingga masyarakat daerah sana, merasa tidak nyaman. Sehingga masalah itu diteliti, dan ternyata penyebabnya adalah dari sampah rumah sakit. Karena sungai itu melewati daerah rumah sakit Tasikmalaya,dan sampah rumah sakit dibuang ke sungai. Sehingga menyebabkan banyak masalah.
Dan sekarang masalah sungai itu adalah sungai menjadi dangkal karena sebagia masyarakat wilayah sana membuang sampah ke sungai. Sehingga membuat terjadinya pencemaran, tetapi tak separah masalah yang lalu. Tetapi masalah ini juga butuh perhatian lebih dari pemerintah. Harus ada ketegasan dari pemerintah dalam menyikapi suatu peraturan. Masyarakat sekarang ingin membuang lumpur dari sungai cimulu, tetapi sampai saat ini belum ada tempat untuk jadi pembuangan.
Di samping itu, masyarakat pun menanam Pohon Kersen di pinggiran sungai agar tidak terlalu membuat keadaan menjadi lebih buruk. Tetapi pemerintah sangat tidak menyetujuinya karena akar Pohon Kersen dapat merusak tembok di sekitar sungai.

0 komentar:

Posting Komentar