Selasa, 05 Juli 2011

Kuliner Khas Tasikmalaya

Hello Sahabat Pena, kali ini kami akan membahas tentang makanan khas dari daerah Tasikmalaya.
Daerah yang dijuluki sebagai kota santri ini, selain mempunyai banyak wisata alam yang eksotik, juga terkenal sebagai kota yang berpenduduk ramah. Disamping itu, daerah
 Tasikmalaya juga mempunyai banyak makanan yang sedap dan patut dicoba. Diantaranya adalah


1.Tahu Bulat




Tahu Bulat adalah makanan khas daerah Tasikmalaya, yaitu sejenis tahu yang bentuknya bulat seperti bola pingpong hanya tahu ini telah dicampuri dengan bumbu-bumbu dan bahan lainnya sehingga tahu ini memiliki rasa yang gurih dan enak, rata-rata tahu bulat Tasikmalaya ini memiliki rasa ikan yang khas sehingga membuat orang-orang ketagihan.

Berawal dari sekitar tahun 2000-an tahu bulat ini mulai muncul di kota tasik, berawal dari buah tangan salahsatu industri rumahan yang kemudian di pasarkan hanya dilingkungan seputar.

Ternyata apa yang terjadi ? Hari demi hari orang mulai kenal dengan keberadaan makanan unik ini, yang akhirnya dari mulut ke mulut orang berbondong-bondong ingin mencicipinya, maka heboh lah sudah tahu bulat ini di kota tasikmalaya bahkan akhirnya merambah ke kota-kota lainnya.

Setelah berjalan beberapa tahun bisnis tahu bulat ini menjadi sorotan warga kota Tasik lainnya, yang akibatnya banyak bermunculan lah industri-industri rumahan baru sejalan dengan banyaknya permintaan yang terus melonjak dari luar kota.

Terkadang kalau orderannya sedang banyak bisa menghabiskan kedelai 5-7 ton/harinya, ditunjang dengan karyawan sampai ratusan orang di tiap pabriknya.

Bayangkan produksi segitu banyak dikali jumlah pabrik yang terdapat di Tasik dan sekitarnya, itu pertanda bahwa permintaan pasar yang begitu tinggi.

Maka terbuka lah peluang usaha yang cukup menjanjikan, hanya dengan modal kecil saja setiap orang dapat menjalankan bisnis ini, karena tahu bulat ini pun bukan hanya dapat dijual matang di gerobak saja, tetapi bisa dipasarkan dalam keadaan mentah ke pasar-pasar dan dapat pula dimodifikasi lagi ke jenis makanan lain seperti dijadikan cemilan lezat yakni keripik tahu bulat.


2. Nasi TO (Tutug Oncom)



Kota Tasik juga memiliki warisan kuliner yang terjaga, membanggakan, dan karena alasan itu tadi, dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat dengan penuh kebahagiaan. Terutama jika kita merujuk pada produk kuliner yang satu ini : Nasi Tutug Oncom.

Entah bagaimana ceritanya, di kota Tasikmalaya, Tutug Oncom (Biasa disingkat Nasi TO), telah naik peringkat menjadi makanan kegemaran masyarakat dari segala lapisan. Padahal menilik sejarahnya, nasi tutug oncom, yang merupakan campuran nasi dengan oncom bakar (atau bisa juga oncom yang digoreng sangray) adalah makanan di jaman susah. Waktu rakyat dan negara kita masih dalam kesusahan. Terutama di masa revolusi kemerdekaan dan era orde lama. Saat harga beras dan komoditas pangan lainnya sulit didapat dan kalaupun ada harganya melangit.

Saat itu, menurut penuturan orang-orang tua, makan nasi menjadi suatu kemewahan, dan oleh karena itu nasi tutug dibuat dengan satu tujuan saja


3. Sate Maranggi




Jika penggemar sate, tentu Anda tahu sate Maranggi. Ya, sate ini merupakan makanan khas dari Purwakarta, Jawa Barat. Penjaja sate maranggi dapat dengan mudah ditemui di berbagai sudut kota. Namun, makanan yang sama, dengan sajian dan bumbu berbeda, kini juga bisa didapat di Tasikmalaya yang juga berada di Jawa Barat.
Sate maranggi disajikan dalam potongan-potongan daging sapi yang agak besar-besar. Bumbu utamanya adalah kecap dengan potongan bawang merah, cabai merah, cabai rawit, irisan tomat, serta taburan merica juga bawang goreng. Tapi jika Anda menginginkan bumbu kacang, tak perlu khawatir. Restoran ini akan segera menyediakannya. Sebagai peneman nasi juga disediakan mendoan tempe yang digoreng agak basah dan disajikan hangat.


4.  Nasi Cikur




Nasi cikur ini selain rasanya khas cita rasa cikur juga setelahnya terasa enak di badan. Ada rasa-rasa hangat di badan. Sebenarnya tidak ada bumbu istimewa. Semuanya merupakan bumbu biasa seperti garam, bawang putih, cabai merah serta tentu saja cikur. Yang membuat istimewa mungkin komposisi resepnya memang pas.

Hidangan nasi cikur menggugah selera. Nasi tampak berwarna sedikit kemerah-merahan dari campuran juice cabai merah. Di atas nasi ditaburkan irisan dadar telur dan irisan sambal goreng kentang serta tahu goreng. Sebagai pelengkap disediakan pula sebungkus kerupuk putih serta irisan mentimun plus sambal.

Begitu nasi disantap akan merasakan sensasi lain. Bayangan rasa nasi pada umumnya akan hilang. Yang terasa adalah cita rasa cikur bercampur bawang putih yang pas di lidah.

5. Makaroni Citapen




Makaroni yang dijual di sekitar SD Citapen ini menjadi makanan yang wajib dicicipi saat lewat di sekitar citapen. Makaroni ini terdiri dari 2 macam, yaitu makaroni basah dan kering. Pembelinya tak hanya dari kalangan SD saja, tetapi pada saat bubaran sekolah, banyak siswa-siswi SMP dan SMA yang terlihat mengerubuni makanan khas citapen ini. Tak hanya ABG, Ibu-ibu dan juga karyawan-karyawan pun senang dengan makanan ini. Selain harganya murah, rasanya tak usah ditanya lagi.





0 komentar:

Posting Komentar